Selasa, 05 April 2016

4

                                           MEKANISME PENGGERAK

a. Kopling Mekanis (Mechanical Clutch)
 

Mechanical clutch terdiri dari :
1.  Clutch pedal
2.  Clutch release lever
3.  Clutch release cable
4.  Release fork
5.  Clutch cover

b. Kopling Hidraulis (Hydraulic Clutch) 
 
Pada tipe ini, gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidrois oleh master cylinder yang kemudian diteruskan ke release fork melalui release cylinder.
Tipe ini terdiri dari : 1. Clutch pedal
2.  Master cylinder
3.  Flexible hose
4.  Release cylinder
5.  Release fork
6.  Clutch cover

c. Master Silinder kopling
Master silinder kopling berfungsi untuk menghasilkan tekanan hidraulis.
Dan terdiri dari :
 
1.   Reservoir tank
2.   Piston
3.   Push rod
4.   Inlet valve
5.   Conical spring
6.   Connecting rod
7.   Compression spring
8.   Spring retainer

Cara Kerja :

1. Saat Pedal Kopling Di Tekan
Connecting rod bergerak ke kiri karena tenaga dari conical spring, dan mengakibatkan reservoir tertutup oleh inlet valve. Chamber A terpisah dari chamber B, tekanan hidraulis pada chamber A naik, kemudian tekanan diteruskan ke pipa dan release cylinder.  

2. Saat Pedal Kopling Di Lepas
Piston akan kembali ke kanan oleh tekanan compression spring, connecting rod tertarik ke kanan oleh spring retainer melawan tekanan conical spring, sehingga inlet valve terbuka dan chamber A berhubungan dengan chamber B.  

d. Silinder Pembebas Kopling  

 

Silinder pembebas kopling berfungsi untuk mendorong release fork (meneruskan tekanan hidraulis dari master cylinder).
1.  Push rod
2.  Cylinder cup
3.  Cylinder body
4.  Conical spring
5.  Piston
  
KOPLING OTOMATIS
Kopling otomatis (torque converter) adalah kopling yang dapat menghubngkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi dengan sendirinya (otomatis).

Kopling otomatis digunakan pada kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis. Kopling otomatis diisi dengan ATF (Automatic Transmision Fluid) dan momen mesin dipindahkan dengan adanya aliran fluida.


Demikianlah penjelasan singkat tentang sistem kopling mobil, semoga dapat bermanfaat buat para pembaca, khususnya yang ingin belajar tentang otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar